Minggu, 25 Oktober 2015

Analisis Print Ads Oreo



A. Penanda dan Petanda


Penanda
Seorang pria yang mengedipkan matanya sedang memegang sebuah gelas yang berisi susu dan sepotong biskuit oreo ditangan kanannya.
Petanda
Memakan biskuit oreo dengan susu menambahkan rasa nikmat yang lebih (kedipan mata yang mengekspresikan pria tersebut sangat menikmati biskuit oreo, dibandingkan orang yang hanya tersenyum saat memakan oreo)

B. Ikon, Indeks,dan Simbol: 


Ikon 
  1. Foto seseorang pria yang mengedipkan matanya
  2. Foto gelas yang berisi susu 
  3. Produk oreo itu sendiri yang sama dengan visualisasi di dunia nyata
  4. Foto jam yang digunakan oleh pria tersebut
  5. Foto gelang yang dipakai oleh pria tersebut disebelah jam tangan
Indeks
  1. Pria yang mengedipkan matanya yang berarti dia sedang menikmati sesuatu, atau merasa senang
  2. Background foto yang putih, menandakan bersih, murni nya produk tersebut. Karena oreo adalah biskuit yang slai nya mengandung rasa kekentalan susu, background putih juga menjadi visual dari warna susu yaitu putih.
  3. Gelas yang terisi penuh dengan susu yang menandakan bahwa slai susu di oreo sangat padat dan tebal.
  4. Pria yang menggunakan baju kemeja dengan rapih namun tidak formal, menandakan style yang anak muda - dewasa
Symbol 
  1.  Logo Oreo
  2. Warna biru pada kemeja pria tersebut yang menandakan kebersihan
  3. Warna kuning pada kaos pris tersebut yang menunjukan kesan kepercayaan

C. Sosiologi

  1. Gender : laki - laki, dan perempuan 
  2. Usia : 18 - 25 tahun
  3. Pekerjaan : Mahasiswa 
  4. Tempat Tinggal : Menengah 
  5. Gaya Hidup : mahasiswa yang tenang, dan sehat. Suka bergaya, meskipun tidak heboh (rapih).

D. Daya Tarik & Harapan 

  1. Daya Tarik
          Iklan Poster ini yang terlihat sangat simple namun mempunyai kesan creamy atau kaya akan susu. Sangat pas dengan produk oreo itu sendiri yang memang mengandung susu. Ditambah dengan background putih-abu yang memberikan kesan lebih bersih juga memaksimalkan fokus utama pada oreo dan segelas susu itu sendiri. 
     2. Harapan 
           Dengan membeli produk biskuit oreo ini membuat konsumen percaya bahwa oreo memang kaya akan susu dan merupakan biskuit yang higienis.  

E. Mood yang di Bagun oleh Iklan

Warna
Warna dominan putih yang menandakan kebersihan, namun di dalam print add ini putih juga menunjukan kekayaan akan susu yang ada didalam biskuit oreo
Typeface 
Typeface yang digunakan adalah tipe font sans seriff yang terlihat simple namun mempunyai ketebalan/ketegasan.
Ilustrasi
Bersih ; dilihat dari background dan pria yang menjadi model print add. Simple ; karena tidak terlalu banyak objek yang ada dalam print add. Tenang/hangat ; dilihat dari background gradasi warna abu ke putih  

F. Copy


  Tagline, Headline dan Bodycopy tidak ada dalam print add ini

1 komentar: